Selasa, 28 Agustus 2012

Penjelasan Unit Proses Komputer


1. CPU
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan(Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU (Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagaipemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapatmenghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Padakomputer mikro unit pemrosesan ini disebut denganmicro-processor (pemroses mikro) atau processor yangberbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC.Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika danlogika terhadap data yang terdapat dalam memori atauyang dimasukkan melalui unit masukkanseperti keyboard, scanner, atau joystick.

Proses Komputer

2. ALU
• ALU ( Arithmetical Logical Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan adder karena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen
logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
• Sama dengan (=)
Tidak sama dengan ( <> )
• Kurang dari ( < )
• Kurang atau sama dengan dari ( <= )
• Lebih besar dari ( > )
• Lebih besar atau sama dengan dari ( >= )

3. CU
CU ( Control Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU.
Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah :
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.

4. Memory Unit
• Sebagai media penyimpanan data yang akan di proses maupun yang sudah di proses.

5. Unit Proses(processing devices)
Dalam unit proses ada yang disebut dengan CPU (Central Processing Unit)  merupakan tempat untuk pemrosesan intruksi- intruksi program. CPU terdiri dari 2 bagian yaitu:
a)      Unit Kendali (Control Unit)
b)      Unit Aritmatik dan logic (Aritmatic and Logic Unit)
CPU juga mempunyai tempat penyimpanan sementara yang disebut Register. Ini merupakan tempat penyimpanan kecil sebelum pemrosesan data. Biasanya dalam bentuk disk.
1)      Peralatan Proses

a. Processor
Merupakan sirkuit terpadu yang mempunyai fungsi sebagai ALU(Arithmatic and Logic Unit) dan Control unit. Sebagai ALU processor bertugas melaksanakan pekerjaan perhintungan, pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, membandingkan data, dan mempertamukan data. Dan sebagai control unit , bertugas untuk mengontrol dan mengkoordinir system computer dalam melaksanakan proses pengolahan data. Itulah sebabnya processor sebagai otaknya computer. Semakin tinggi processor , semakin tinggi kinerja computer.


b. Read Only Memory(ROM)
    ROM berisikan suatu program yang telah dibuat oleh pabrik perangkat computer , file yang disimpan disini tidak akan hilang meskipun aliran listrik mati/ off. Fungsi komponen ini yaitu untuk membaca system operasi dari disk, untuk mengecek semua peralatan yang terpasang dalam system dan menampilkan pesan di layar monitor.



    c. Random Acces Memory (RAM)
      Berbeda dengan ROM,RAM adalah memori yang dapat diisi dengan program dan data selama aliran listrik masih hidup. Bila aliran listrik padam maka terhapus pula seluruh isinya.Kapasitas RAM menggunkan satuan  Megabyte.

      Tidak ada komentar:

      Poskan Komentar